Keutamaan Shalat Isya’ dan Shubuh Berjama’ah di Masjid

Senin, 03 Juli 2017   2921

Untuk melaksanakan shalat isya’ atau shubuh berjama’ah di Masjid, bagi sebahagian orang memang berat melakukannya. Berbagai kendala, alasan dan godaan yang sering dihadapi, seperti rasa lelah, rasa ngantuk, rasa lapar, rasa dingin, bahkan karena rasa malas. Namun untuk sebahagian orang tidak berlaku alasan-alasan yang demikian. Kenapa mereka begitu bersemangat untuk melangkahkan kakinya ke Masjid ? Apa rahasianya ?

Ternyata semangat tersebut muncul karena keyakinan, karena mereka merasa yakin, dan mengetahui, serta mereka paham betul dengan keutamaan shalat isya’ dan shalat shubuh berjama’ah di Masjid.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam menjelaskan dalam sebuah hadits:
-----------------------
“Barangsiapa yang shalat isya’ berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah sholat seluruh malamnya.” HR. Muslim no. 656
-----------------------

Dari hadist di atas dapat kita ketahui ternyata sungguh menakjubkan keutamaan sholat isya’ dan shalat shubuh berjama’ah di Masjid. Subhanallah, dengan mengerjakan shalat isya’ berjama’ah di Masjid pahala yang kita terima sama dengan mengerjakan shalat malam selama separuh malam. Dan dengan kita mengerjakan shalat isya' serta shalat shubuh berjama’ah di Masjid pahala yang kita terima sama dengan mengerjakan shalat sepanjang malam. Apalagi shalat berjama'ah yang dilaksanakan tersebut dilakukan diawal waktu dan kita berdiri pada shaf pertama.

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sebuah hadits menjelaskan:
-----------------------
“Seandainya manusia mengetahui pahala dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya selain dengan diundi, tentu mereka saling mengundi. Seandainya mereka mengetahui pahala pada At-Tahjir ( menuju shalat lebih awal ), tentu mereka akan berlomba-lomba mendapatkannya. Dan sendainya mereka tahu pahala dalam shalat isya’ dan subuh, tentu mereka akan mendatangi keduanya walaupun harus merangkak “ HR. Bukhari.
-----------------------

Semoga dengan mengetahui keutamaannya, kita menjadi orang-orang yang beruntung, orang yang mempunyai antusiasme dan semangat yang tinggi, serta berlomba-lomba melangkahkan kaki ke Masjid untuk menunaikan shalat isya’ atau shalat shubuh berjama’ah.

Semoga bermanfaat. (fh)

Share on:

AKUN BELANJA DI MEDIA SOSIAL
riri.rumaisha.tasbranded riri.raisya.gallery riri.raisya.gallery2