Catatan Untuk Orang Tua Jaman Now

Rabu, 28 Januari 2018   813

Catatan Untuk Orang Tua Jaman Now – Dijaman yang semakin modern sekarang ini mendatangkan kekhawatiran bagi setiap orang tua terhadap perkembangan anaknya. Setiap orang tua dituntut untuk memberikan perhatian yang lebih, agar si anak terhindar dari tindakan dan prilaku menyimpang. Nah, hal apa saja yang harus kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut ?

1. Mengawasi dan mengontrol penggunaan smartphone pada anak.
Banyak orang tua yang dengan bangganya memberikan Smartphone kepada anaknya. Memang penggunaan Smartphone pada anak bagaikan pisau bermata dua. Jika smartphone digunakan untuk hal-hal yang bernilai positif seperti menambah referensi belajar, meningkatkan kreatifitas, untuk komunikasi, tentunya akan bernilai positif. Tetapi sebaliknya jika digunakan untuk hal-hal negatif tentunya akan mengganggu perkembangan si anak itu sendiri. Sebagai orang tua kita harus pintar-pintar mengawasi penggunaan smartphone oleh anak. Anak harus dijauhkan dari dampak negatif penggunaan smartphone seperti kecanduan game online , media provokasi, serta anak juga harus dijauhkan dari video-video dewasa yang sangat banyak beredar di media sosial atau situs-situs lain yang tersedia di internet. Alangkah baiknya untuk terhidar dari hal-hal tersebut, penggunaan smartphone yang menggunakan layanan internet harus selalu didampingi oleh orang tua.

2. Memantau setiap kegiatan anak di luar rumah.
Setiap kegiatan anak di luar rumah sebagai orang tua kita mesti mengetahuinya. Si anak harus dibiasakan minta izin atau memberikan kabar jika melaksanakan kegiatan di luar jam sekolah. Anak juga harus dibiasakan untuk selalu terbuka kepada orang tuanya. Hal ini kita lakukan agar si anak tidak terlibat akan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat dan memiliki efek negatif.

3. Memberikan pemahaman kepada anak akan bahaya narkoba dan pergaulan bebas .
Bahaya narkoba dan pergaulan bebas memang menjadi momok yang menakutkan untuk perkembangan anak saat sekarang ini. Sebagai orang tua kita tidak boleh bosan untuk mengingatkan anak akan bahaya hal-hal tersebut. Semakin beragamannya jenis narkoba bahkan dalam bentuk minuman dan makanan ringan, membuat kita harus semakin waspada. Kita harus mengingatkan anak agar waspada jika ada teman atau orang-orang yang tidak dikenal memberikan barang yang tidak jelas baik dalam bentuk makanan, minuman, atau dalam bentuk lainnya. Tidak hanya bahaya narkoba, sebagai orang tua kita juga harus memberikan anak pemahaman akan bahaya pergaulan bebas. Tentunya dengan tidak membiarkan anak untuk berpacaran, karena itu mendekatkan anak dengan pergaulan bebas. Kita harus mengambil sikap yang tegas akan hal ini, lebih baik sedikit keras dari pada nantinya kebablasan dan masa depan anak menjadi terganggu.

4. Selalu mengingatkan anak agar waspada dan terhindar dari tindakan asusila.
Banyaknya kasus kriminal menyangkut tindakan asusila kepada anak, membuat kita harus semakin waspada akan kesalamatan anak. Untuk mengindari hal buruk tersebut, sedini mungkin hendaknya kita sudah memberikan pemahaman untuk anak akan tanda-tanda tindakan asusila tersebut. Tentunya kita harus menggunakan bahasa yang tetap sesuai usia anak disaat memberikan penjelasan, dan anak harus tau hal apa saja yang harus dilakukan agar terhindar dari tindakan asusila tersebut.

Dan sebagai orang tua, ini merupakan tantangan besar untuk kita. Semoga kita sebagai orang tua dapat memberikan perhatian yang maksimal kepada anak. Karena sejatinya bagaimana perkembangan anak, apakah ke arah yang baik atau sebaliknya, tergantung kepada kita sebagai orang tua yang mengarahkannya.

Semoga bermanfaat. (fh)

Share on:

AKUN BELANJA DI MEDIA SOSIAL
riri.rumaisha.tasbranded riri.raisya.gallery riri.raisya.gallery2